Saturday, August 13, 2011

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

Pada artikel kali ini saya akan coba bahas 7 Distro linux yang paling banyak digunakan untuk hacking atau penetrasi test jaringan (pentest).
Penetrasi jaringan adalah proses yang dilakukan oleh seseorang (pentester) untuk masuk ke jaringan atau komputer dengan cara mencari celah keamanan (vulnerability) dalam sistem.

Pentesting sangat diperlukan untuk meminimalisasi celah keamanan yang ada. Dengan begitu seseorang yang tidak punya hak tidak akan mudah masuk ke sistem.

Yang jelas pentest itu intinya mencari celah keamanan dalam sistem untuk selanjutnya melakukan perbaikan (patch) terhadap celah tersebut.

Mungin sebagaian dari kawan-kawan sudah banyak yang mencoba dari beberapa distro linux ini. Salah satu yang paling terkenal adalah backtrack. Tapi ternyata masih banyak distro lain yang menarik untuk dicoba jika ingin melakukan penetrasi network. Disini saya bukan berarti men-sort distro berdasarkan yang paling baik, karena penetrasi network tergantung dari pentesternya dan object yang akan di pentest.

Ok apa saja 7 distro linux itu, berikut 7 distro linux untuk Hacking


1. Backtrack

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

Backtrack merupakan salah satu distro linux untuk penetrasi dan audit yang paling banyak digunakan saat ini di seluruh dunia. Backtrack awalnya adalah Whoppix, IWHAX, and Auditor kemudian di gabungkan menjadi satu live linux cd dimana terintegrasi lebih dari 300 security tools didalamnya. Tak Heran Backtrack 4 pre release di download lebih dari 4 juta. Versi terakhir backtrack 5 di release 10 mei 2011.

Download Backtrack 5

2. Samurai Web Testing Framework

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

Nah yang Biasa dengan Web Testing tak salah untuk menggunakan ini. Distro linux ini memang di khususkan untuk web testing. Didalamnya terdapat banyak open source tool pilihan untuk web testing. Seperti dikutif di official webnya, Web testing framework menyediakan tool-tool untuk web test dalam 4 tahap.
Dimulai dengan tahap reconnaissance, distro ini menyediakan tool semacam fierce domain scanner dan maltego. Untuk mapping tersedia tool semacam WebScarab dan ratproxy. tahap Discovery bisa menggunakan tool w3af dan burp. Dan terakhir exploitasi tersedia tool BeEF, AJAXShell dan lainya. versi terakhirnya adalah samurai-0.9.9.

Download Samurai

3. NetSecL

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

NetSecL adalah Distro linux berbasis OpenSuse Untuk penetrasi jaringan Computer desktop maupun server. Versi terakhir NetsecL 3.2 dengan fitur XFCE memberikan performance yang handal, compatibility dengan OpenSuse 11.4 dan kernel 2.6.32.8. Bagi anda yang biasa dengan lingkungan OpenSuse NetSecl bisa menjadi pilihan untuk melakukan pentest system.

Download NetSecl v 3.2


4. The Live Hacking DVD

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

live DVd hacking adalah distro linux baru dengan base Ubuntu yang berisi tool-tool untuk ethical hacking, pentest, dan countermeasure. Didalamnya terdapat tool-tool untuk DNS, reconnaissance, foot-printing (mengumpulkan informasi komputer target), password cracking, network sniffing, spoofing dan wireless utilities. Untuk daftar list tool yang tersedia didalamnya bisa langsung chek di official webnya, and disini juga banyak free tutorial dan demo video.

Application List

Download Live DVD Hacking

5. Blackbuntu

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

Distro Linux ini sesuai namanya berbasis ubuntu dengan GNOME Desktop Environtment Di buat terutama untuk security training students dan praktisi security jaringan. Built di ubuntuk versi 10.10 dan salah satu distro untuk penetrasi mirip Backtrack. Versi terakhir CE 0.2

Download Blackbuntu CE 0.2

6. SANS Investigate Forensic Toolkit (SIFT) Workstation

7 Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting

Yang tertarik di Dunia Forensic komputer. International team of forensic expert Sans Faculty telah membuat distro linux yang di khusunya untuk bidang ini. Distro linux ini telah di release ke public dan bisa digunakan oleh setiap orang yang tertarik untuk 'menangkap intruder' :D. Tookit yang disediakan sudah sesuai dengan perkembangan modern forensic tool. Mungkin Distro ini untuk advance user kayaknya. :D . tapi jika ingin mencobanya bisa baca terlebih dahulu official webnya.

Official website


Download SIFT v.2.1

7. Operator

Satu lagi Distro turunan Debian untuk penestrasi jaringan. Distro yang mirip dengan knoppix yang bootable dari cd dan running di RAM ini dilengkapi juga dengan forensic dan recovery tool.
Operator berisi banyak open source network security tool untuk penetrasi computer dan server anda. langsung saja check out webnya dan download.

Download Operator


Mungkin itu 7 distro linux yang paling menarik menurut saya. Memang masih banyak Distro-distro linux lainya. Tapi kembali lagi itu tergantung pentesters dan objectnya. Distro mana yang nyaman dipakai pentester dan object seperti apa yang akan di pentest.
Ok..thanks for reading...
see ya..later :D


4 Komentar:

The Blogger said...

wah! bermanfaat nih gan! thanks!

defcon404 said...

Nice Share Sob ..., Kalau sempet Update info yang model begini ya ....

Anonymous said...

makasih sob, sangat bermanfaat sekali,,.

Hasbullah Marwan said...

baru tahu ternyata masih ada linux for hack selain backtrack xD

Post a Comment

Terbaru

Followers

Komentar Terakhir

  ©Design By Unyil 2010