Tuesday, December 1, 2009

jenis-jenis malware

Istilah “virus” sudah menjadi umum. saking umumnya, nyaris semua perangkat lunak yang menggangu komputer di sebut virus. spyware dibilang virus, trojan dibilang virus, adware dibilang virus, worm juga dibilang virus. padahal, mereka bukan virus. mereka bersama virus disebut malware.

malware adalah suatu singkatan. kepanjangannya adalah malicious software. artinya sebuah perangkat lunak dibuat untuk menggangu sistem pada komputer, biasannya, malware menyerang diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna PC.

agar tidak terjadi salah persepsi semua yang mengganggu komputer dibilang virus, mari kita kenali jenis-jenis malware tersebut.

  1. WORM
    Malware ini bisa menggandakan dirinya sendiri dan menyebar di jaringan. worm active di memory secara otomatis dan tidak terlihat oleh pengguna. Pengguna baru menyadari dia terkena worm setelah dirasa komputernya lambat, karena duplikasi dari worm ini membuat kerja CPU menjadi sibuk.
  2. SPYWARE
    Nah kalau malware yang satu ini bertugas mengumpulkan informasi pada komputer tempat di berada. informasi ini bisa berupa apa saja:kebiasaan pengguna berinternet, nama pengguna, kata sandi, nomor kartu kredit, dan lain-lain semua data yang ada di pc. biasannya malware tidak merusak sistem. tapi, kalau komputer terhubung dengan internet bisa menggangu atau menjadi lambat karena spyware terus-menerus mengirim informasi ke pembuat malware.
  3. TROJAN HORSE
    Atau biasa disebut trojan saja adalah malware berisi code-code yang merusak sistem komputer. Trojan bisa membuat komputer hang, menggangu hardisk karena menginfeksi file sistem yang ada di komputer. Istilah Trojan berasal dari mitologi yunani ketiak terjadi perang Troy. Seperti diceritakan orang-orng yunani menghadiahkan kuda kayu yang besar pada orang Troy yang didalamnya terdapat prajurit perang. saat tengah malam para prajurit tersebut keluar menyerbu dan menguasai kota. Mungkin itulah gambaran trojan yang dikirim oleh pembuatnya sebagai program berguna padahal dibalik itu ada maksud tertentu.
  4. ADWARE
    Adware ini singkatan dari advertising-supported software. Malware ini akan memunculkan iklan lewat, biasannya lewat jendela browser. iklan-iklan ini bisa sangat mengganggu.
  5. VIRUS
    Terakhir, virus. Mirim Worm, virus bisa menggandakan dirinya. Namun, biasanya, virus membonceng file lain. Ia menggantikan file asli dengan file yang telah di infeksinya. Biasannya, file atau folder asli di Hidden dan digantikan oleh file virus dengan tampilan sama tapi berektensi .exe, sehingga saat di buka file tersebut akan aktif di kompter. penyebaran virus sekarang sangat cepat lewat perangkat penyimpanan Flashdisk. Dia menggunakan fasilitas Autorun yang ada di window agar aktif di komputer.

Sekarang kita telah mengetahu perbedaan dari malware tersebut, jadi sekarang tidak akan salah pengertian lagi.

1 Comentário:

jayaputrasbloq said...

Pertamax........ keep posting... maksih infonya slam blogger

Post a Comment

Terbaru

Followers

Komentar Terakhir

  ©Design By Unyil 2010